top of page
  • kidalabama915

Apa Perbedaan Antara SEO, SEM, dan SMM?



Kata-kata buzz datang dan pergi, tetapi beberapa di sini untuk tinggal! Ambil contoh, SMM, SEM, dan SEO. Apakah itu hanya sekumpulan huruf yang membingungkan, atau apakah itu penting? Apa arti sebenarnya dari istilah-istilah ini, dan mengapa hal itu penting bagi pemilik bisnis?


· SMM adalah kependekan dari "pemasaran media sosial" dan berkaitan dengan promosi dan keterlibatan dengan penggemar di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+, dll.


· SEO, "optimasi mesin pencari," mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda melalui strategi khusus di situs web Anda yang dimaksudkan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada pencarian pengguna melalui portal seperti Google, Yahoo, atau Bing.


· SEM adalah akronim untuk "pemasaran mesin pencari" dan ini berkaitan dengan mendapatkan lalu lintas situs web ke situs Anda melalui kombinasi SEO, serta dengan upaya iklan berbayar. Istilah ini adalah istilah yang lebih luas, dan termasuk SEO, tetapi lebih dari SEO saja.


Mengapa Anda harus peduli?


1. Sebagian besar perusahaan pemasaran online mengkhususkan diri dalam satu bidang di atas yang lain. Ketahui apa tujuan Anda sebelum Anda melibatkan perusahaan pemasaran untuk membantu Anda sehingga Anda terlibat dalam jenis bantuan yang tepat.


2. Mempertimbangkan bahwa definisi di atas sangat umum tetapi ada perbedaan besar antara SMM Panel dan SEO/SEM. Yang pertama (SMM) berfokus pada interaksi dan membangun hubungan, dan yang kedua (SEO/SEM) berfokus pada mengarahkan lalu lintas ke situs web. Ada perbedaan besar dalam fokus. Anda mungkin membutuhkan kedua aspek tersebut, tetapi berikan pertimbangan serius untuk tujuan Anda di sini.


3. Jika Anda condong ke atau memasukkan SMM, maka Anda perlu ingat bahwa waktu dan energi perlu dihabiskan untuk konten segar yang teratur. Apakah Anda membuat semua posting dan percakapan Anda sendiri, atau apakah Anda mengalihdayakan tugas ini, perlu ada perhatian harian untuk upaya ini di platform media sosial Anda. Manajer media sosial cenderung lebih murah untuk disewa daripada perusahaan SEM/SEO, tetapi pengembalian SMM mungkin tampak kurang menguntungkan karena selalu membutuhkan lebih banyak waktu untuk membangun hubungan, dan membangun hubungan tidak selalu diterjemahkan ke dalam penjualan langsung.


4. Jika Anda condong ke arah atau menyertakan SEM/SEO, ingatlah bahwa algoritme tentang bagaimana hasil mesin telusur diperoleh berubah secara teratur - hampir setiap hari. Itu berarti Anda harus mengharapkan ini menjadi komitmen berkelanjutan, bukan perbaikan satu kali. Untuk ditemukan di halaman pertama Google, misalnya, adalah pertempuran sehari-hari. Ini bukan tentang hubungan atau percakapan. Ini tentang tautan, penelitian kata kunci tanpa henti, pembaruan dan penyesuaian. Imbalannya cenderung lebih tinggi untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, tetapi itu menambah harapan bahwa situs web Anda akan terus diperbarui dan dipantau untuk hasil terbaik.


5. Akhirnya, di mana pun Anda menekankan, penjualan adalah hasil dari seberapa menarik Anda sebagai perusahaan atau produk. Pemasaran dalam bentuk apa pun hanya dapat menghasilkan visibilitas dan membangun reputasi. Pada akhirnya, penjualan berasal dari layanan pelanggan, kualitas produk, dan kebutuhan yang Anda penuhi untuk pelanggan Anda. SEM, SEO, dan SMM hanya dapat membantu Anda untuk bertanggung jawab dan ditemukan. Sisanya terserah padamu!

bottom of page